Tuesday, April 15, 2008

BASS GITAR II

Pada edisi lalu sudah dijelaskan bagaimana bass 'berjalan' bersama-sama instrumen lain. Seperti saat gitar memainkan chord yang dipetik/dibunyikan berbarengan dan bass dipetik secara ascending dan atau descending. Dan juga hal yang menerangkan nilai not pada ketukan antara drum dan bass.

Begitu pula soal modes, scale dan teknik permainan seperti tapping, hammer-on dan pull-off. Sekarang akan dijelaskan dahulu masalah modes dan scale secara teknis. Tetapi kita juga akan mencoba menampilkan duet bass dengan gitar pada intro lagu Guns N' Roses “Sweet Child O' Mine” dan solo bass 'kalem' pada intro lagu “My Friend Of Misery” dari Metallica.

Selain itu, ada scale yang umum dipakai dalam bermain musik (scale yang tidak umum akan dijelaskan di waktu mendatang).

* Untuk nada dasar yang lainnya, tinggal ditranspose saja.

** Huruf “b” pada kolom Formula adalah tanda mol.

Dan untuk lebih jelasnya perhatikan partitur, terutama untuk Melodic Minor dimana tangga nada naik berbeda dengan yang turun.

Kadang-kadang memainkan tujuh nada pada suatu chord, tidak memungkinkan atau memang tidak diperlukan. Terutama jika kita memainkan lagu yang mempunyai tempo cepat dengan perpindahan chord yang rapat. Oleh karena itu, sering dipakai Pentatonic Scale yang hanya punya lima nada (penta = lima, tonic = nada).

Pada pentatonic scale ini, tidak dipakai nada kedua dan ke enam. Jadi formulanya adalah 1,3,4,5,7. Contohnya pada A Mixolydian Pentatonic Scale, tangga nadanya adalah A,C#,D,E,G. Pada kasus ini modes Dorian dan Aeolian menjadi tidak berbeda alias sama saja. Misalnya A Dorian Pentatonic dan A Aeolian Pentatonic tangga nada nya sama-sama A,C,D,E,G. Scale yang 'tidak' dimainkan sebagai pentatonic adalah Blue Note (Blues Scale).

Pada intro lagu “Sweet Child O' Mine”, bassis GN'R Duff McKagan memainkan riff pada Db dengan not yang berbeda-beda panjangnya. Di saat itu gitaris Slash memainkan riff melodi pada Db Major dengan not 1/8. (baik gitar maupun bassnya disetem setengah nada lebih rendah daripada seteman standar, tetapi pada partitur ditulis pada nada standar).

Pemain bass Metallica, Jason Newsted juga mempunyai riff yang asyik. Pada intro “My Friend Of Misery”, Newsted mengambil licks yang sebenarnya mirip dengan pendahulunya Cliff Burton dalam intro “Anesthesia (The Pulling Teeth)”. Yaitu D minor pentatonic ke C major pentatonic. Tetapi Newsted menambah dengan bass di A. Maka, chord-nya menjadi A Aeolian (tidak pentatonic). Sekali lagi untuk lebih jelasnya perhatikan partitur.


0 comments: