Wednesday, April 23, 2008

Musik Klasik di Konser Ke-55

SURABAYA - Alunan musik karya Haydn dan Mozart terdengar di Ballroom Hotel Sheraton tadi malam. Denting piano berpadu dengan gesekan biola dan tiupan klarinet terdengar di telinga 1.000 pengunjung yang memadati ruangan.

Sang konduktor, Solomon Tong, tampak serius memimpin orkestra. Sejak berdiri 12 tahun lalu, itu adalah konser ke-55 yang diadakan Surabaya Symphony Orchestra (SSO).

Tak kurang dari 200 orang terlibat dalam konser tersebut. Mulai pemain alat musik hingga paduan suara. Ada empat golongan alat musik yang dimainkan dalam konser itu. “Tiupan kayu, tiupan metal, alat musik tabuh, dan gesek,” jelas Solomon sebelum acara.

Musisi senior bercampur dengan junior untuk konser itu. Ada delapan anak-anak yang terlibat dalam pertunjukan bertema Spring Concert 2008 tersebut. Orkestra pimpinan Solomon itu membawakan 22 lagu. “Semua beraliran klasik,” kata pria kelahiran Xiamen, Tiongkok, 20 Oktober 1939 tersebut.

Karya begawan musik Beethoven menjadi masterpiece dalam konser itu. Sejumlah penyanyi lokal Surabaya, seperti Melissa Setyawan, Yohanna Christine Ongwijaya, dan Dewi Endrawati, ikut menyumbangkan suara. Ada pula permainan biola solo oleh Grace Rozella Soetedja. (dee/ayi)

Jawa Pos, Rabu, 16 Apr 2008,

0 comments: