Wednesday, April 23, 2008

FSP

FAKULTAS SENI PERTUNJUKAN

Didirikan 26 Juni 1970, memiliki 4 (empat) jurusan yaitu : Musik, Tari, Teater dan Kajian Seni Pertunjukan untuk bidang pengelola seni pertunjukan. Keempat jurusan tersebut merupakan bidang pendidikan seni pertunjukan yang saling terkait serta saling menunjang.

Fakultas Seni Pertunjukan merupakan satu-satunya pendidikan tinggi yang terpadu dengan bidang kesenian lainnya yaitu Fakultas Seni Rupa (FSR) dan Fakultas Film dan Televisi (FFTV). Potensi pendidikan kesenian di Fakultas Seni Pertunjukan (FSP) telah memberi peran penting terhadap perkembangan dan kebutuhan seni pertunjukan.

Pembentukan profesionalitas dan pengembangan wawasan, keilmuan, kreativitas serta produktivitas telah melahirkan lulusan-lulusan terbaiknya sebagai pelaku, pengkaji, peneliti, pencipta, dan pengelola seni pertunjukan yang terkemuka di Indonesia.

PROGRAM STUDI SENI TEATER – D3

Mempelajari pengetahuan seni peran dan ketrampilan praktika dasar-dasar acting. Tujuan pendidikan : mampu menampilkan karya teater sebagai suatu seni pertunjukan yang berkualitas. Materi pendidikan mencakup : pengetahuan dasar teater, teori-teori seni peran, latihan dengan pendekatan Stanislavsky, pengetahuan tentang tata teknik pentas, tata lampu, tata busana dan tata rias. Lapangan pekerjaan : bekerja professional sebagai pemain pada sebuah production house, broadcast, dan grup-grup teater atau penata artistiK, penata rias, penata busana pada suatu produksi seni pertunjukan (teater, sinetron dan film) atau secara mandiri dalam dunia seni pertunjukan.

PROGRAM STUDI SENI TEATER – S1

Memahami pengetahuan dan teori-teori seni peran secara lebih mendalam. Tujuan pendidikan : mampu menganalisa dan mengembangkan kegiatan teater secara kreatif dengan wawasan seni yang luas. Materi pendidikan mencakup : pendalaman dan pemahaman materi dan teori-teori teater serta metodologi penelitian. Lapangan pekerjaan : bekerja professional sebagai pemain, kritikus, sutradara, peneliti, penulis naskah pentas panggung atau scenario pada produksi seni pertunjukan (teater, sinetron dan film) atau secara mandiri dalam dunia seni pertunjukan.

PROGRAM STUDI PENATA TARI – D3

Mempelajari pengetahuan dan ketrampilan praktek dasar-dasar koreografi yang berkaitan dengan penataan tari. Tujuan pendidikan : mampu mengembangkan potensi diri secara professional dalam menyajikan karya tari sebagai seni pertunjukan. Materi pendidikan mencakup : pengetahuan tari, sejarah tari, wawasan koreografi, teknik gerak, gaya tari tradisi, workshop dan studi lapangan dengan bimbingan penata tari terkemuka. Lapangan pekerjaan : bekerja professional sebagai penari, penata tari, pelatih tari, bekerja dalam produksi seni pertunjukan atau secara mandiri dalam dunia seni pertunjukan.

PROGRAM STUDI PENATA TARI – S1

Memahami koreografi dan pengetahuan tentang analisa tari secara lebih mendalam. Tujuan pendidikan : mampu mengembangkan potensi diri secara professional dalam menyajikan karya tari serta memahami proses kreatif dan pendekatan kompositoris yang dapat dipertanggungjawabkan. Materi pendidikan mencakup : pengetahuan wawasan koreografi, teknik gerak, gaya tari tradisi, metode penelitian kesenian, pencatatan, analisa gerak, serta workshop dan studi lapangan yang dibimbing oleh piñata tari terkemuka. Lapangan pekerjaan : bekerja professional sebagai penata tari, penari, pelatih tari, kritikus tari, penulis artikel tari, bekerja dalam produksi seni pertunjukan atau secara mandiri dalam dunia seni pertunjukan.

PROGRAM STUDI SENI MUSIK – D3

Mempelajari pengetahuan dan melatih ketrampilan dalam bidang musik dengan kekhususan pada : vocal, instrument dan komposisi. Tujuan pendidikan : mampu mengembangkan potensi diri secara professional dalam menyajikan karya musik sebagai karya seni pertunjukan. Materi pendidikan mencakup : pengetahuan dan teknik vocal, instrument dan komposisi musik, sejarah musik, teori musik, harmoni, analisa musik, orkestrasi, kontrapung dan pengetahuan yang relevan dengan ilmu musik. Lapangan pekerjaan : bekerja professional sebagai praktisi musik.

PROGRAM STUDI SENI MUSIK – S1

Memahami pengetahuan dasar dalam bidang seni musik dan latar belakang teoritis baik vocal, instrument maupun komposisinya secara lebih mendalam. Tujuan pendidikan : mampu menciptakan konsep-konsep kreatif musical yang dipertunjukan ke dalam bentuk pementasan resital. Materi pendidikan mencakup : teori dan metodologi dalam bidang musik yaitu bidang teknik vocal, instrumental dan komposisi musik, sejarah musik, orkestrasi, kontrapung dan pengetahuan yang relevan dengan ilmu musik. Lapangan pekerjaan : bekerja professional sebagai pemusik, peneliti, penulis atau praktisi musik.

PROGRAM STUDI ANTROPOLOGI TARI – S1

Mempelajari hubungan antara tari dan kebudayaan dalam rangka menghasilkan Sarjana Antropologi Tari yang yang mampu meneliti, menganalisa, menulis dan merekam gejala tari secara mendalam dan menyeluruh. Materi pendidikan mencakup : dasar-dasar pengetahuan tari, antropologi, sejarah kebudayaan, pelajaran teknik dasar tari dengan beberapa gaya tari tradisi, pengetahuan dasar koreografi, dan metodologi penelitian agar dapat menyajikan tulisan sebagai hasil penelitian dengan cara yang sistematik. Lapangan pekerjaan : bekerja sebagai penari professional, sebagai peneliti tari, penulis artikel tentang tari dan kebudayaannya dan sebagai seorang wartawan atau kritikus seni.

Kekhususan PENGELOLAAN SENI PERTUNJUKAN – S1

Memahami pengetahuan manajemen, perencanaan dan pengelolaan berbagai bentuk seni pertunjukan. Tujuan pendidikan : mampu memahami serta mengelola berbagai bentuk seni pertunjukan. Materi pendidikan mencakup : pengetahuan berbagai bentuk seni pertunjukan, manajemen produksi, akuntansi, sosiologi, antropologi dan aspek hukum seta pengetahuan dasar seni musik, tari, teater, dan multi media. Lapangan pekerjaan : bekerja professional di pusat kesenian, event organizer, media elektronik atau production house.

PROGRAM STUDI ETNOMUSIKOLOGI – S1

Memahami gejala musical sebagai produk budaya dalam kehidupan sosial suatu masyarakat. Tujuan pendidikan : mampu meneliti, mengamati, menganalisa, dan merekam gejala musiKal. Materi pendidikan mencakup : pengetahuan dasar dan teori musik, antropologi, sosiologi, sejarah kebudayaan, sejarah perkembangan musik, organologi, metodologi penelitian, pengetahuan teknik dasar musik tradisi. Lapangan pekerjaan : bekerja professional sebagai peneliti, penulis atau pengamat musik.

Untuk informasi lebih lengkap silakan menghubungi :

Fakultas Seni Pertunjukan - IKJ

Jl. Cikini Raya 73, Jakarta 10330

Telpon : 021-31934102

Fax : 021-3159105

0 comments: